Wednesday, August 25, 2010

Shalat Taraweh Di Dubai

Setelah sekian kali saya berpuasa di negeri orang, tepat nya Dubai, ane mulai terbiasa dengan semua habbit & kebiasaan yg emang sudah biasa nya terjadi di waktu puasa di Dubai.

Seperti hal nya berpuasa di kampung halaman, Dubai pun menawarkan kebiasaan yg lebih kurang sama halnya dengan kebiasaan yg biasa nya ane lakukan di Indonesia. Di mulai dari sahur, Imsak sampai dengan buka puasa atau iftar & shalat taraweh.

Tidak ada perbedaan yg signifikan antara Dubai & Indonesia ttg berpuasa, kurang lebih smua nya sama. Kita mencoba untuk mencermati sedikit ttg shalat taraweh. Indonesia pada umumnya melaksanakan shalat taraweh sebanyak 23 rakaat, pun demikian banyak pula yg melakukan 11 rakaat, itu tidak terlalu di jadikan suatu persoalan yg sangat signifikan namun kita jadikan sebagai suatu keragaman dalam beribadaha krn pada umumnya tujuan beribadah itu hanya satu, yaitu mengharap Ridho Allah SWT. Biasa nya mesjid yg mengadakan shalat taraweh sejumlah 23 rakaat, mereka seperti nya "in rush" bgt, bacaan & gerakan nya cepat sekali, mungkin ini tidak merupakan masalah yg besar bagi anak mudah & orang tua yg sekiranya masih berjjiwa muda & memiliki kelincahan yg setara dengan anak muda, namun lain hal nya dengan bapak2 yg mungkin sudah tidak mampu lagi bergerak sedikit cepat untuk mengikuti gerakan yg mungkin dia anggap terlalu cepat untuk diikuti. Untuk itu, mungkin bagi bapak2 yg ingin shalat taraweh dengan sedikit santai meeka bs memilih masjid yg mengadakan shalat taraweh dengan 11 rakaat.

Sama hal nya dengan Dubai, shalat taraweh pun mereka laksanakan sebanyak 11 atau 23 rakaat, tergantung kebijakan masing2 masjid tersendiri. Beberapa tahun pertama ane tinggal di daerah yg namanya Satwa, dstu ada satu buah masjid tempat saya menunaikan shalat Jumat maupun shalat taraweh di waktu bulan puasa. Di waktu shalat taraweh, seperti pada umum nya yg terbiasa terjadi di negara arab, mesjid ini pun menyelenggarakan shalat taraweh sebanyak 23 rakaat, dengan per-Juzz surat setiap malam nya, jadi selama 30 hari & 30 kali shalat taraweh, meraka berniat menyelesaikan semua Juzz Al-Quran yg jumlah nya 30 Juzz. Namun sekarang ini saya kebetulan berpindah tempat tinggal ke daerah Barsha, krn dgn pertimbangan lebih dekat ke tempat kerja, jadi saya pun skr berada jauh dari tempat tinggal saya dulu. Di sini (Basha) saya pun seperti biasanya melaksanakan shalat Jumat & shalat taraweh di sebuha mesjid yg letak nya dekat sekali dengan Emirates Mall & tempat tinggal saya. Pertama kali saya shalat taraweh di mesjid itu, saya pun berniat untuk menyelesaikan seluruh rakaat yg saya pikir psebelum nya akan sama seperti rakaat2 di mesjid lain pada umumnya. Namun aneh nya di mesjid ini, pada rakaat pertama shalat taraweh, si Imam tidak membacakan secara berurutan juzz di Al-Quran, meskipun saya tidak tahu isi setiap ayat di Al-Quran, tp perasaan saya mengatakan si Imam tidak berurutan membacakan ayat di Juzz Al-Quran. Saya tetap mengikuti jalan nya Shalat krn saya berkeinginan untuk mengetahui & meneruskan shalat taraweh tsb.

Setelah selesai rakaat ke 8, tiba2 si Imam menyerukan untuk melaksanakan shalat Witir, saya kebingungan tp tetap meneruskan shalat ane tersebut. Benar sekali dugaan saya, rakaat ke 9 sampai 11 merupakan shalat witir yg menandakan selesainya shalat taraweh di hari tsb. Aneh, namun senang sekali saya mengalami nya, krn yg biasa nya shalat taraweh di arab itu terkenal boring & membosankan menjadi sedikit excited & singkat. Semua bacaan & gerakan dilakukan khusuk sekali, tidak ada unsur ketergesa-gesaan & melambat-lambatkan shalat tsb yg hanya di selesaikan dngn 11 rakaat saja.

Uniknya shalat taraweh di mesjid ini, selepas selesai rakaat ke 4 si Imam berdiri & memberikan Kultum atau sedikit siraman rohani kepada jemaah nya. Unik nya lagi, di sebelah si Imam berdiri satu orang yg bertugas sebagai penerjemah/translator di karenakan hampir sebagian besar jemaah itu bukan orang arab sendiri, melainkan orang2 yg ras nya tidak mengerti bhs arab secara keseluruhan walaupun sekiranya kita hidup di negara arab namun bhs yg sehari2 kita pakai lebih menekan kan ke bhs inggris. Senang sekali rasanya bs mendengarkan ceramah yg di utarakan penerjemah sehingga saya pun bs secara langsung menelaah & mencermati isi dari ceramah si Imam/Khatib tadi, krn sebelum nya menurut pengalaman saya selam ber-taraweh di dubai, saya sama sekali belum pernah mendengarkan ceramah di waktu shalat taraweh, berbeda dengan Indonesia yg selalu mengadakan ceramah di sela2 pelaksanaan shalat taraweh.

Ceramah singkat yg hanya sekitar 7 menitan pun selesai & shalat taraweh pun di lanjutkan hingga selesai.

Di sini saya menemukan pengalaman baru dalam beribadah di Dubai, ternyata mereka jg menyelenggarakan shalat taraweh 11 rakaat dengan khusuk nya.
Alhamdulillah saya masih di beri kesempatan beribadah di bulan nan suci ini, mdh2an saya masih di beri Allah kesempatan untuk merasakan bulan suci di masa2 mendatang selama saya masih di beri umur & kepercayaan oleh Allah SWT...Amien Ya Allah Ya Robbal 'Alamin....

No comments:

Post a Comment