Friday, August 27, 2010

Parah-Parah, Emang Orang Asia Selalu Di Pandang Sebelah Mata

Beberapa hari belakangan ini temen sekamar ane keliatan bingung banget, masalah nya, temen tunangan nya yg dari Belanda mo ke Dubai cuma buat transit doank dlm perjalanan connecting flightnya ke Jakarta. Rencana nya temen tunangan nya itu mo liburan ke Jakarta dari Belanda, tp ga tau knp Emirates Airlines selaku airlines yg di pake buat mengarungi perjalannya ngasih "GAP" panjang bgt, sktr 11 jam dlm transitnya mereka di Dubai.

Tetap berkomunikasi lah mereka berdua, soalnya temen ane jg ngrasa bertanggung jawab buat ngasih service ke temen tunangan nya itu.

Hari nya pun tiba, Kamis, 26 Agustus 2010, si tamu pun tiba di Dubai, dia langsung cerita klo connecting flightnya tuh bakalan take-off jam 11 pagi waktu Dubai. Itu brati dia bakalan flight hari selanjut nya & bener bgt mereka bakalan transit sktr 11 jam di Dubai.

Yg ga masuk di akalnya, si pihak airlines ga menyediakan penginapan ke pasenger nya itu buat beristirahat selama mereka menunggu jadwal flight di hari selanjut nya. Untung si tamu pun ga terlalu ambil pusing, krn mungkin dia jg orang nya ga neko2, lagian dia jg barengan ma anak nya yg baru berumur 7 tahun buat di bawanya berlibu ke Indonesia. Tp ane jg kurang tau, apa si pasenger yg transit tuh di kasih meal ato ngga, setau ane, klo lamanya transit lebih dari 6 jam biasa nya si passenger di kashi tempat untuk menginap & tentunya di samping penginapan mereka jg pasti di service abis soal makanan. Mudah2an sih temen nya tunangan ane tuh di kasih logistik jg sama pihak airlines sebagai bagian dari service airlines ke customer nya.

Si tamu landing di Dubai sktr jam 23.45 hari kamis & temen ane langsung beranjak dari rumah buat jemput mereka, soal nya temen ane punya rencana buat nginepin mereka di hotel deket tempat kita tinggal, jd pas sahur ntar kita bs sahur bareng & sekalian tuker pengalaman sama si tamu. Sesampainya di Dubai Airport, Terminal 3, terminal yg khusus buat Emirates Airlines, temen ane tlp si tamu, tiba2 dengan kaget nya temen ane nyolot, soalnya ternyata si tamu tuh ga diperbolehkan buat ninggalin Airport di masa transit nya dia yg panjang bgt. 11 jam tuh lumayan lama jg ky nya, soalnya skitar seharian mereka ga boleh keluar dari bandara, mending klo di dalem bandara nya da hiburan yg cukup membetahkan mereka buat stay dsna, tp yg ane tau sih, dmn2 yg namanya airport, terutama terminal 3 tuh ga da yg menarik selain duty free nya yg lumayan gede, tp kan klo cm jalan2 & nge-net doank mah suntuk & boring jg akhir nya kan. Padahal temen ane itu dah bookingin hotel deket tempat tinggal kita, ya lumayan murah sih buat ukuran hotel berkelas.

Terus si tamu pun tanya ma pihak bandara dsana, klo misalkan mereka mo keluar bandara gmn. Pihak bandara pun ngasih penjelasan yg menurut ane rasis bgt buat di jadiin alesan.

Kita coba cermati satu wancana ini ;
klo orang bule atau orang asing transit di salah satu tempat di seluruh dunia, mereka cm tinggal bayar visa on-arrival yg harganya pun terhitung masih terjangkau & ga perlu ngasih surat bukti klo mereka dah booking hotel sama dokumentasi laen yg emang ga terlalu diperlukan, soalnya mereka cm pengen nyari angin seger doank keluar bandara daripada mereka membusuk di bandara & ga bs ngapa2in disana.

Dari wancana di atas, kita bs ngasih kesimpulan klo buat orang bule, atau eropa ato manalah itu, segalanya itu keliatannya gampang bgt, simple alias ga bertele2.

Lain halnya sama si tamu, temen ane dari Belanda itu, dia ternyata di suruh bayar visa on-arrival yg harganya cukup kenceng jg, skitar US$ 70. uang segitu kan lumayan berarti bgt buat kita orang Indonesia, apalagi ntar di luar jg toh kita perlu expens buat segala macem nya. Ok lah, si tamu pun berpikir bayar aja, daripada susah2, jd dia mesti bayar sktr US$ 140 soalnya mereka kan berdua. Ternyata pas dia mao bayar, mereka jg diminta nunjukin surat booking klo mereka tuh dah booking hotel & bukan cm itu, mereka jg di suruh nunjukin dokumentasi laen yg temen ane di anggap ga masuk akal bgt,sampe2 temen ane itu ga mao ngomong ke ane dokumentasi apa yg di perluin si tamu buat bs release ke luar bandara. Akhirnya si tamu pun mengurungkan niatnya buat keluar dari bandara, bukan cm itu aja, temen ane pun sampe ga bs ketemu sama orang yg bersangkutan, soalnya si tamu emang bener2 ga bs keluar bandara. Kynya sih mereka cm bs muter2 di daerah publik area di dalem bandara doank, ga di ijinin sampe lewatin gate buat keluar dari sana.

Temen ane kesel bgt rasany, soalnya pas nyampe rumah di marah2 ga karuan. Emang bener jg sih, sapa yg ga kesel, dah belain malem2 ke bandara eh si tamu nya ga bs dilepasin pihak bandara buat cm sekedar nyari udara seger keluar bandara.

Kita bs ngambil kesimpulan klo emang buat kita, orang asia, especialy orang Indonesia susah bgt buat kmn2 easily. Pasti ja birokrasinya complicated bgt, cm buat ngasih batasa sama orang2 ky kita ini. Yah,,,apa mao di kata, nasi udah jadi bubur, aturan tetep aturan, lagian kita jg ada di negara orang, salah2 kita bs dipulangin/deportasi. so, kita mah pasrah aja sama fakta & nasib kita sebagai bangsa besar yg emang kurang dapet kepercayaan dari dunia internasional.

No comments:

Post a Comment