Wednesday, August 18, 2010

Flash Back Berpuasa & Shalat Taraweh Di Indonesia

Bulan puasa itu identik sama bgt sama yg namanya buka puasa, taraweh & sahur. Buka puasa adalah waktu yg d tunggu2 smua umat yg berpuasa krn dengan berbuka kita bakalan merasakan nikmatnya menikmati makanan d bulan puasa. Sama hal nya dngn teraweh, shalat sunnah yg di kerjakan setelah shalat Isya. Demikian juga dngn Sahur, meskipun terkadang sangat malas sekali untuk makan sahur tapi nikmatnya makan sahur itu tiada tandingan nya.

Kita sedikit "flash back" ke masa lalu, yg sepertinya sebagian besar dari kita mengalami pengalaman yg sama tentang bulan Ramadhan.
Waktu kita kecil dulu, bulan puasa merupakan satu bulan yg penuh berkah, kita di beri kebebasan sama orang tua kita buat keluar di malam hari maupun di waktu subuh menjelang pagi tp dengan alasan yg jelas tentunya, tp sepertinya kebanyakan dari kita sering bgt memanfaatkan waktu2 tersebut buat ngelancong & hang-out bareng temen2 sebaya.

Masih inget bgt ane jaman dulu waktu baru2 pertama belajar puasa, kira2 kls 2 SD, ane puasa cm 1/4 hari,,,ikut saur tp buka puasa nya jam 10 pagi,,,heuheuheu,,cepet amat yaaa...tp abis itu puasa lagi & buka lagi sekitar makan siang trs di terusin lagi puasa ny ampe akhir nya ikut buka waktu adzan magrib tiba, hehehehe..was good funny....tp itulah seru nya jadi anak2, sampe akhir nya , seiring berjalan nya waktu ane bs juga berpuasa sehari penuh bahkan sampe sebulan penuh. Ane inget bgt, klo ga salah waktu ane masih SD, pas ane pulang skull d rumah ga da sapa2 trs rasa nya ane haus bgt, ya ane pengen bgt minum, trs ane mikir klo ane bawa gelas ky nya ane bakalan ketauan ma bo-nyok, so ane gelek aja tuh aer putih langsung dari tempat nya trs bis tuh ane puasa lagi, berasa dosa bgt ane tp ya namanya anak kecil, masih kentel bgt jiwa WATADO nya, hehehehehe...Trs yg selanjut nya waktu ane SMP, kebetulan waktu SMP ane skull d daerah pedesaan gtu, di daerah Cianjur, dsna di tiap rumah ato skull masih memberdayakan yg namanya sumur, dmn2 sumur pasti gampang bgt d temuin. Satu hari d bulan puasa ane sama temen ane ijin ke toilet sama guru, kita sama sekali ga da niatan buat ngelakuin hal yg bs batalin puasa kita, tp yaaaa namanya jg anak2. Ampe akhir nya kita d toilet berdua, abis kencing kita berdua langsung nimba aer sumur yg bersih & jernih bgt yg akhirnya menggoda nafsu kita buat minum tuh aer, akhir nya kita minum jg tuh aer, heuheuheu, sejuk bgt rasa nya, trs abis itu kita puasa lagi sambil ketawa2, hehehehehe....

Klo inget smua kenangan dulu rasa nya ane berdosa bgt sama ortu & Allah, tp ane yakin Allah Maha Adil & Maha Mengetahui ttg smua yg dilakukan hamba-Nya. Selama bulan puasa berlangsung, satu hal yg ga pernah lepas adalah Shalat taraweh. Biasa nya shalat taraweh d laksanakan setelah kita menunaikan shalat isya, sebagian orang ada yg melaksakan shalat taraweh sebanyak 23 rakaat (20 rakaat shalat sunnah & 3 rakaat shalat witir) & adapula yg melaksakan shalat taraweh sebanyak 11 rakaat (8 rakaat shalat sunnah & 3 rakaat shalat witir), kedua perbedaan ini kita tidak besar2kan krs walau gmn pun jg niat kita tetap sama & tujuan kita beribadah jg tetap tertuju jelas kepada Allah SWT. Waktu skull dulu, kita selalu menunggu2 waktu shalat taraweh krn selepas shalat isya biasa nya Imam memberikat ceramah singkat yg lazim nya selalu di adakan d bulan puasa, krn kita diberi tugas skull oleh guru agama kita untuk mencatat setiap khutbah yg di berikan & merupakan tugas selama bulan puasa. Bukan cm d tugasi untuk mencatat isi khutbah, tp kita jg d harus kan meminta tanda tangan dari sang khatib sehingga selepas shalat taraweh khatib pun selalu sibuk melayani anak2 yg menginginkan tanda tangan anak2 yg mendapat tugas dari skull nya. Itu merupakan moment indah buat saya krn setelah saya beranjak dewasa saya tidak lagi mendapatkan tugas seperti itu & saya rindu sekali menjalankan tugas seperti itu dari skull saya dulu.

Tidak hanya khutbah di shalat taraweh saja yg harus d catat setiap murid, tp khutbah d shalat subuh pun perlu mendapatkan tempat d buku tugas yg telah di sediakan, oleh krn itu setiap selesai shalat subuh, kita biasa nya berdiam sejenak di mesjid untuk mendengarkan & mencatat khutbah dari sang Khatib. Seperti biasa nya, setelah khutbah si murid pun perlu mendapatkan tanda tangan dari sang khotib untuk melengkapi tugas nya & pemandangan yg lazim terlihat pun selalu terjadi selepas khutbah, si khatib selalu di kerubungi oleh anak2 skull yg berusaha mendapatkan tanda tangan nya sebagai tugas mereka di bulan puasa.

Satu hal yg ga bs ane lupain yaitu waktu Sahur, krn biasa nya waktu sahur adalah waktu yg terbaik d waktu tidur, dmn kita terbuai di sepertiga malam terakhir, namun krn kewajiban untuk sahur kita diharuskan bangun untuk melaksakan makan sahur, krn kurang afdol rasa nya ibadah puasa tanpa makan sahur. Kenangan demi kenangan di waktu makan sahur selalu menyertai ane waktu kecil, di antara nya ane susah bgt di bangunin yg akhir nya pas ane bangun ane makan tuh makanan sambil mata ane tertutup soalnya ngantuk berat tp ane tetep makan tp ga tau deh rasa nya ky gmn, tp akhir nya meskipun mata ane merem melek waktu makan, kita terbiasa makan sahur seperti itu krn d tengah2 kita pasti terbangun dan menikamti makanan yg tersedia. Satu waktu sahur ane inget bgt yg terjadi, nyokap merupakan satu2 nya orang yg selalu nyiapin makan sahur buat kita sekaluarga. Banyak bgt pengorbanan nya beliau, soalnya beliau harus bangun lebih awal buat siapin segala kebutuhan nya. Satu hari beliau kesiangan buat siapin smua nya alhasil kita smua telat bangun & waktu makan sahur pun jadi mepet bgt, bukan nyokap gue nama nya klo akal nya pendek, akhir nya nyokap dengan cekatan nya nyiapin smua nya buat makan sahur sampe akhir nya kita bs makan sahur bareng2, meskipun waktu nya mepet bgt ke imsak, tp nyokap bilang klo masih imsak mah hajar aja, yg penting pas adzan kita dah ga makan ato minum lagi. Waktu Imsak adalah waktu peringatan bagi umat muslim yg hendak berpuasa untuk bersiap2 berpuasa, sehingga mereka di harapkan segera meninggalkan smua kegiatan yg sekiranya bs membatalkan ibadah puasa. Waktu imsak biasa nya sekitar 10 menit menjelang adzan subuh, jadi dalam sepulu menit itu kita di himbau untuk bersiap2 untuk melaksakanan shalat subuh & menghadapi hari untuk berpuasa.


Bulan puasa benar2 memberikan kesan yg tak pernah terlupakan untuk setiap muslim tentunya, meskipun smua orang juga ikut merasakan hikmah di bulan puasa secara tidak langsung. Biasa nya di hari2 menjelang berakhir nya bulan puasa ato hari2 menjelang Idul Fitri yg merupakan hari kemenangan bagi umat Islam di seluruh dunia krn telah berusaha & berperang melawan hawa nafsu selama sebulan penuh yg pada akhir nya kita berkumpul & bercengkrama bersama keluarga yg biasa nya Idul Fitri merupakan ajang kumpul & silaturahmi untuk keluarga yg mungkin sulit sekali untuk bertemu di hari2 biasa krn berbagai macam alasan, namun biasa nya di hari Idul Fitri semua nya berkumpul menjadi satu & merayakan kemenangan bersama2. Salah satu tradisi yg sampai sekarang masih terus berlangsung yaitu mejnjelang Idul Fitri kita biasa nya d belikan baju baru oleh orang tua kita, biasa nya kita pergi ke pusat perbelanjaan baik itu shopping mall atau pun pasar rakyat demi untuk mendapatkan baju baru yg sebenarnya di lakukan semata2 sebagain hadiah kepada anak2 krn telah melaksakan puasa d bulan ramadhan, namun smua itu tiada artinya tanpa berkumpul bersama2 keluarga di hari yg fitri yaitu Idul Fitri.

Idul Fitri tidaklah lengkap tanpa ketupat, sebuah makanan yg di buat dari daun kelapa sebagai bungkus nya & nasi lontong sebagai isinya. Biasa nya ketupat di makan di sertai rendang sapi, opor ayam, daging bistik ataupun menu lain nya sesuai dengan tradisi daerah masing2, tp menu utama yaitu ketupat sayur, itu lah istimewa nya bulan puasa yg di akhiri dengan Idul Fotri sebagai hari kemenangan, krn di hari yg Fitri ini lah kita hanya bisa menikmati ketupat sayur, meskipun sebenar nya kita masih bs menikamti ketupat sayur d hari2 biasa, namun nampak nya lebih afdol apabila ketupat sayur di nikmati d hari yg indah nan Fitri, Idul Fitri.

No comments:

Post a Comment