Wednesday, July 28, 2010

Tips Beli Mobil Second (Berdasarkan Pengalaman)

Coba anda bayangkan???saat anda mengeluarkan budget banyak untuk membeli mobil bekas (red.second) dan ,Mobil itu belum tentu sesuai dengan harga yang terlalu tinggi,,nah pasti banyak banget pertimbangan yang harus dipikirkan.kadang sih kita pengennya beli mobil bekas dengan harga yang murah tapi kondisi bagus!! nah lo…sapa yang ga mau coba??hmm…..cuman dari sekian juta mobil bekas di indonesia yang mempunyai kriteria seperti itu hanya sekian persen aja..nah kalo sekedar saran seh,,…

misal udah puyeng darah tinggi naek gara-gara nyari mobil bekas kondisi OK dan murah gak dapet-dapet,,mendingan seeehhh..kita rela mecahin celengan. Maksudnya nih..harga sedikit lebih mahal ndak masalah, yang penting TOP Banget gituuhh…kan mau dipake sendiri,,yah harus yg good conditionn,,ga terlalu banyak ragat (red.*kata makelar mobil) hehehe… ne ada sedikit tips untuk memilih kondisi mobil :

1. Body
diusahakan memilih yang masih utuh, artinya blum kropos, nat-nat body masih lurus, nut=lekukan body mobil, kaleng/blum ada dempul yang melekat, dan kalo bisa orisinil cat) kalo menurut saya seh, mending mobil cat nya abis (mbladus) tapi orisinil, dari pada yang masih mengkilap tapi cat ulang+dempul tebal. nah knapa saya bilang dempul tebal kurang baek?? karena dempul bisa merubah nut yg kurang lurus menjadi sempurna. Kita pasti ndak tau apa di balik dempul itu, entah abis penyok, tabrakan dll.

2. Mesin
diusahakan nyari mesin yang kerin (belum ada tetesan OLie/olie yg keluar dari perpak) kalo ada yg kuluar brarti kita harus turun mesin ganti packing tuh,,,dan nyari mesin yg halus (dalam artian kondisi ndak rusak) metal jalan, seker harus dicek. Untuk memastikan seh cukup geber mesin mobil dan liat aja dibagian knalpot kluar asap ndak??

3. Kaki-kaki
test dulu mobil untuk jalan, untuk belok full stir,,kalo udah bunyi kletek-kletek wahhh bakalan mahal tu benerinnya…

4. Interior
nyari yang orisinilnya (jok/dashbord,dek pintu) misal udah di bungkus kulit si ndak papa, asal ga dilepas aslinya. selera juga sih..

5. Keabsahan Surat
cek fisik dulu aja ke POLRES. tanggungan resmi deh…



sektor mesin:
1. Cek suhu mesin, coba nyalain mesin trus biarin idle tanpa AC kira2 5-10 menit, perhatiin suhu nya, klo masih manteng di kisaran 90-100 kurang dikit brarti masih normal, biasanya klo ga pake ac, begitu suhu dah nyentuh 90 lebih dikit, low fan nya mulai bekerja bwt jaga suhu ttp stabil di situ. klo misal tuh suhu sampe 100 lbh, apalagi klo sampe garis merah, lupain aja deh. Soalnya buat benerin ginian ribet dan mahal. Aparat tersangkanya banyak bgt, mulai dari extra fan, ecu cooling, radiator, sensor suhu, dkk..klo di total, kemungkinan terburuk bisa lbh dari 4 juta tuh. klo ini lolos, silahkan ke poin berikutnya.

2. Cek suhu mesin dalam kondisi AC hidup, misal mesin masih adem, trus di idupin, coba idupin AC nya, klo misal high speed fan nya langsung hidup ( bunyi nya kenceng bgt, lbh kenceng dari bunyi mesin itu sendiri ) brarti ada yang ga normal. bisa karena tekanan freon nya kegedean, atau bisa jg ecu cooling fan nya yang dah rusak, trus di bypass/jumper. klo ecu cooling rada mahal +/- 750 ribu blm tmasuk ongkos, kemungkinan lain, relay2nya dah pada rusak (klo ini sih ga mahal)

3. Perhatiin betul2 kondisi fisik mesin, lihat apa di blok mesin ada rembesan2 oli....klo ini ada 2 kemungkinan, oli rembes krn seal2nya dah pada getas, ato worst, blok mesin nya dah ga beres (bisa retak krn overheat, atau bisa juga dari perpak nya)...klo cmn sealnya aja sih murah, ga nyampe 300 rebu dah tmasuk ongkos bongkar, tp klo sampe blok mesin ato bahkan perpak, wah bisa turun mesin penuh atau setengah tuh.

4. Lihat kabel2 nya, keliatan tratur atau awut2an...sekalia coba buka box sekring yg deket aki, disitu bisa keliatan, singa yg masih sehat biasanya daleman tuh box masih bagus, ga ada bekas2 gosong, dan semua nempel pada tempatnya. Klo dah awut2an, kabel nya ga karu2an, apalagi dah banyak yg tempel2an, nah kemungkinan besar tuh kelistrikan dah banyak yg di jumper (bypass)...probabilitas untuk konslet kedepannya bisa besar.

5. Yg laen ada yg mo nambahin ?



sektor interior dan eksterior
Sering orang nganggap sepele soal bodi dan interior, selama mesinnya sehat...pendapat ini bisa keliru juga. Kadang, benahin sektor ini bisa nguras kantong lebih dalem daripada benahin sektor mesin.

1. klo interior sih ya standar aja lah, bersih dan rapi karena emg ownernya apik, atau karena abis di salon, bisa keliatan kok...misal, bodi nya kinclong dalemnya jg kinclong, tapi ada bbrp bagian yg masih ada jamurnya, atau ada bbrp bagian yg masih kotor, nah brarti blm di salonin, klo sekira kondisi nya kok perfect banget, ga ada jamur atau baret2 alus, nah itu abs di salonin deh..

2. cek semua panel2, lampu-lampu, kelistrikan kaya power window, electric mirror, dsb.. masih normal ga...ama shift knob, biasanya shift knob tuh yg paling sering ancur, bentuknya dah jelek, ngelupas di sana sini.

3. klo soal bodi, coba buka tutup pintu2 nya satu persatu, suaranya masih manteb atau dah cempreng kaya kaleng rombeng. klo cempreng, kemungkinan karet2nya dah pada getas, or worst, bekas nabrak, trus di kenteng.

Sekalian di ketok2 deh sepuasnya tuh bodi, dengerin bener2...klo bunyinya dah kaya bunyi ngetok tembok rumah, tuh brarti dempulannya kelewat tebel...mkgn tuh mbl bekas tabrakan, trus ga bisa balik mulus, akhirnya di dempul biar mulus lagi. dempul tuh kaya plester semen, coba liatin rumah yg di plester ama yg dibiarin keliatan batu bata nya, keliatan lbh mulus mana? nangkep kan intinya?

4. cek semua lampu2 (depan, sein, ama belakang) nempel pada tempatnya, atau nempel agak miring, atau nempel asal2an....klo nempelnya ga sempurna, kemungkinan besar masangnya ga bener, atau bahkan bodinya yg dah ga sempurna (abs tabrakan)

5. liat cetnya belang apa nggak, caranya, selaen ngeliat di tmpt terang (matahari lgsg) bisa jg liat di tmpt yg agak gelap (dibawah pohon/ di garasi) terkadang cet yg belang (karena spet/cet ulang) kadang ga keliatan belang klo di tmpt terang, tapi baru keliatan di tmpt gelap.

6. Laennya biar di tambahin sesepuh disini aja



sektor kaki-kaki
1. Coba teken2 tuh bodi depan ama belakang, klo dia mendelep, trus di lepas dan langsung naek, brarti suspensinya masih ok...klo misal abis mendelep, tapi naeknya lama banget, kemungkinan besar suspesninya dah busuk ( bisa per, bisa shock breaker)

2. bawa ke jalan yg kriting, rasain setirnya, klo setirnya goyang dombret ga karuan, banting kiri kanan, aparat tersangkanya banyak, mulai dari teirod, bull join, bushing arm, ampe lowering arm...klo ini sih wajar yah, mungkin emang dah aus karena pemakaian. tapi klo dpt yg masih bagus, kan lumayan dana masih bisa di simpen bwt jaga2 yg laen. cek juga apakah ada bunyi2an aneh dari kaki2 depan.

3. coba bawa ngebut, trus injek rem agak dalem...rasain di kaki yg nempel di pedal rem, remnya getar2 ga? klo getar, selaen lowering arm, bisa juga cakram nya yg ga rata, atau kampas remnya abs, atau worst case, velgnya dah peyang.

4. untuk kaki belakang, klo di rem agak dalem, bunyi gludug2 ga? klo gludug2, kemungkinan besar karet2 shock nya dah aus, or worst case, as torsinya dah jebol... ( ini yg paling serem, duit bisa abis banyak, plus ga semua bengkel pug jago bwt benerin bagian ini)

5. liat kondisi ban, klo aus nya rata, brarti kaki2 masih normal, tapi klo ban nya makan sebelah, atau aus nya ga rata, brarti ada yang ga beres...prepare aja bwt belanja kaki2. dan berharap klo yg rusak cmn part yg emang habis karena pemakaian, bkn part yg rusak karena kerja yg ga normal.

6. Seperti biasa, point ini buat sesepuh disini klo ada yg mo nambahin...

note: sebenernya masih ada banyak hal lainnya, tapi yg paling sering sih penyakitnya singa2 seken ya yg diatas gw sebut itu...yang lainnya sih standar aja, kaya mo beli mobil jepun.

Untuk part-part yang lazim di ganti untuk singa bekas: kaki2 ( shock breaker, teirod dkk), timing belt, master rem, kampas rem, seal2 mesin-rem-ama kaki2, tensioner2, cranksahft pulley (pulley damper), fan belt, oli mesin, filter2 oli, oli pwr stering, oli rem, filter bensin, pokoknya yg standar2 aja deh.. untuk harga, cek aja di toko yak, gw trakir ngebengkel dah 6 bln yang lalu, which is, masih harga lama. Untuk yang lain, mohon di tambahin atau di koreksi yah...

so...selamat berbelanja mobil second

No comments:

Post a Comment