Thursday, July 8, 2010

Shalat Jumat (di Dubai)

Pertama kali dateng ke Dubai, saya kerja d restoran yg bener2 sibuk nya minta ampun, break buat makan pun mereka batasi seminimun mungkin, kadang2 baru ja setengah jam break makan udah d tlp ma atasan d suruh balik lagi ke kerjaan, soalnya partner kita ke teter bgt ga da yg bantuin. Sempet mikir jg, emang atasan kerja nya apaan, klo emang bs cover partner kita knp di mesti tlp orang yg lagi break yaaa...oh, mungkin atasan kerjaan nya lebih banyak dari kita (tetep positif thinking)
whatever lah, yg penting semua nya berjalan lancar, toh ni jg buat kebaikan kita2 jg kan.

Terlepas dari semua itu, tibalah waktu Shalat Jumat. Anyway, saya bukan orang yg alim2 bgt, saya emang bukan muslim yg taat, tp klo urusan nya dah nyangkut masalah shalat, Insya Allah saya bakalan berusaha sedemikian rupa buat ngejalanin kewajiban sbg soerang muslim kepada Allah SWT. Awal nya saya selalu dapet shift pagi di hari Jumat, akibat nya kadang suka kelewat shalat Jumat, meskipun dah bilang ma atasan tp pas waktunya mesti ninggalin kerjaan buat shalat Jumat eh restoran malah sibuk nya minta ampun, jadi ja mesti stay soalnya partner jg sibuk bgt & ga mungkin ninggalin dia sendirian. Meskipun parter kerja pengertian bgt (Anand Mahajan-India & Eugene-Philipina) kadang suka gak tega ninggalin mereka kerja sendirian selama saya tinggalin mereka buat shalat Jumat. Gimana pun jg Kewajiban harus d jalanin, Alhamdulillah mereka berdua pengertian bgt sama saya, cm kadang si bos juga yg rese, tanya ini lah tanya itu lah, padahal sebenernya dia tau saya pergi kemana pas waktu ga da selama Shalat Jumat. Terkadang, saking mikirin sikon d kerjaan, Jumatan jg suka ga khusuk, soalnya pas shalat nya beres, saya langsung loncat pake sepatu trs langsung ninggalin mesjid buat balik lagi ke restoran, berjuang lagi demi sesuap nasi sama partner yg di tinggalin tadi.

Namanya jg demi kewajiban ke agama, di semprot dikit sama atasan mah dah d jadiin menu setiap Jumat, so di bawa santai aja, toh masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Akhir nya krn si bos mulai gerah jg sama kelakuan saya setiap hari Jumat, shift kerja saya dia ganti jadi closingan tiap hari Jumat, jadi saya bs dengan tenang melaksanakan shalat Jumat d masjid, baik itu di dekat tempat kerja ato pun d dekat akomodasi staff. (Alhamdulillah).

Ada satu hal yg memang saya ga habis pikir, klo emang kebetulan saya shalat Jumat d deket tempat kerja, krn kebetulan tempat kerja saya berada d salah satu Mall terbesar & terkenal d Dubai (MOE - Mall Of the Emirates), seringkali saya melihat orang2 arab, baik itu lokal maupun expat, d waktu orang2 berjamaah mengerjakan shalat Jumat, mereka dengan santai & tenang nya berjalan2 di Mall ataupun lunch d cafe d dalam Mall. Memang sih, ga smua orang arab itu Muslim tp kan klo pun mereka bukan muslim toh mereka jg harus saling menghormati satu sama lain, apalagi sering sekali saya melihat orang2 arab dengan santai nya berjalan2 dengan mengenakan pakaian tradisional khas mereka yg jelas2 untuk saya orang awam, mereka adalah Muslim. Mudah2an saya salah (mereka bukan Muslim) tp saya jg ga habis pikir knp mereka ga sekalian saja shalat Jumat berjamaah, toh shalat jumat kan ga memakan waktu lama, palingan jg cm setengah jam, bis tu mereka bs melanjutkan aktivitas nya lagi. Memang sih namanya ibadah itu urusan pribadi, ga bs d paksain, toh klo pun mereka dapet pahal ato dosa, mereka jg yg bakal mangalami nya. Cukup ironi jg dengan yg saya alami, krn saya selalu berusaha untuk tidak melewati shalat Jumat, meskipun untuk menjalankan Shalat Fardhu lima waktu saya memang bln kompli menjalankan nya setiap hari (orang sunda bilang, Belang Betong). Biarlah, walau gmn pun jg, Lakum Dienukum Waliyadien...Amaluna Amalukum....

Pernah satu waktu saya bertanya sama teman saya orang arab, tp dia bukan dari UAE (United Arab Emirates) tp dia masih dari jazirah ato negara arab lain nya, yg tentunya dia seorang muslim. saya bertanya sama mereka, karena bukan cm satu orang saja yg saya tanya tp banyak jg teman kerja saya yg orang arab tp bukan berasal dari UAE yg tentunya mereka Muslim.
"kok ga Shalat ?"
Mereka menjawab "Nanti saja shalat nya klo pekerjaan sudah selesai ato klo sempet, soalnya masih banyak yg harus d kerjakan"
Saya sedikit mengkerutkan kening, pertanda aneh, knp mereka bilang alasan seperti itu, kemudian saya tanya mereka lagi,
"kok ga shalat Jumat Berjamaah ?"
Jawaban yg seragam selalu mereka lontarkan adalah,
"Saya masih ada yg harus dikerjakan, Allah jg pasti mengerti situasi & keadaan kita klo emang kita sedang sibuk mengerjakan sesuatu, jadi shalat nya nanti saja, bisa kita kerjakan shalat Duhur Munfarid ato berjamaah"
Saya pun semakin bertanya2, kok bs2 nya mereka bilang itu, padahal kan klo yg namanya Shalat Jumat itu hukum nya WAJIB buat kaum adam. Tapi, apalah itu semua, saya cm berusaha buat mengajak mereka shalat bersama2, berjamaah, klo pun saya terus2an bertanya dan berargue sama mereka, toh ujung2 nya mereka bakalan bilang klo mereka itu lebih ngerti Islam daripada saya, toh bahasa mereka jg bahasa arab, so saya mencoba mengalah ja, tp selalu tetap mengajak mereka untuk selalu berjamaan melaksanakan Shalat Jumat.

Alhamdulillah, setelah saya mendapatkan pekerjaan baru, saya selalu mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan shalat Jumat berjamaah di mesjid, jadi saya ga perlu bersusah2 lagi untuk meminta ijin sama atasan untuk pergi shalat Jumat, walaupun awal nya saya selalu mengingatkan atasan & admin di kerjaan baru saya untuk memberi saya kesempatan shalat Jumat berjamaah & Alhamdulillah akhir nya saya d beri kebebasan untuk beribadah.

Terima kasih Amna(Administrator) & Antoine (Manager)

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4269784

No comments:

Post a Comment