Sunday, May 1, 2011

Tips Hemat Biaya Jalan-jalan ke Luar Negeri

"Jangan kelewat murahan ataupun keterlaluan dalam berhemat, karena nantinya Anda sendiri yang akan menyesal. Jangan lupakan bahwa konsep backpacking adalah 'membeli pengalaman'." -Nine Tips To Travel Cheap (But Not Stupid)-


Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Itulah tujuan para backpacker, nah di bawah ini ada beberapa panduan untuk menghemat biaya jalan-jalan rilekser ke luar negeri (LN):


PERSIAPAN DARI RUMAH
* Riset sebelum bepergian - Jangan sepelekan riset sebelum kamu bergerak untuk membeli tiket pesawat. Contohnya: Seorang teman telah berencana untuk berlibur ke Bali pada suatu akhir pekan, sesampainya di sana ternyata semua objek wisata tutup dan hanya bandara yang beroperasi karena teman saya datang pada waktu Hari Raya Nyepi. Alhasil liburan teman saya pun hanya dihabiskan di bandara saja. Meluangkan waktu untuk mencari informasi tentang destinasi wisata akan menghemat banyak waktu dan uang kamu loh!
* Tentukan budget jalan-jalan - Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah menentukan budget jalan-jalan. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, kamu akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.
* Pantau harga dollar - Untuk tahu kurs dollar terbaru kamu bisa menggunakan www.xe.com. Apabila kebetulan dollar sedang jatuh, ada baiknya kamu segera membeli dollar. Untuk penukaran dalam jumlah besar, satu sen pun amat berarti.
* Pantau promosi tiket pesawat murah - Sekarang ada banyak sekali penerbangan yang memberikan promo besar-besaran, bahkan hingga 0 rupiah. Tentunya 0 rupiah ini adalah taktik marketing, sehingga kamu perlu mencermati syarat-syaratnya agar tidak kecewa di kemudian hari. Kalau kamu sudah sepakat dengan segala konsekuensinya, promo ini mungkin cocok untuk kamu.


TRANSPORTASI

* Jadilah fleksibel terhadap waktu keberangkatan dan destinasi wisata - Untuk tiket transportasi biasanya lebih murah apabila kita berangkat atau pulang di hari kerja daripada saat akhir pekan.
* Pesan tiket di jauh-jauh hari dan bandingkan harga tiket antara satu maskapai penerbangan dengan yang lainnya - Seringkali maskapai penerbangan memberikan diskon apabila kita booking tiket di jauh-jauh hari, lakukanlah itu dan kemudian cek harga antara penerbangan yang satu dengan lainnya.
* Gunakan transportasi publik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata - Hindari taksi sebisa mungkin, gunakan alat transportasi lokal untuk mendapatkan pengalaman hidup seperti warga setempat.
* Gunakan kaki sebagai alat transportasi jika masih memungkinkan - Datangi objek-objek wisata yang dekat dengan penginapan kamu dengan berjalan kaki, oleh karena itu pesanlah penginapan yang strategis dan dekat dengan objek wisata yang ingin kamu datangi.
* Gunakan kereta atau bus untuk perjalanan jauh - kalau kamu memiliki banyak waktu kamu bisa memilih opsi ini. Daripada menggunakan pesawat, lebih baik menggunakan kereta atau bus yang biasanya lebih murah dari tiket pesawat. Dengan menggunakan kereta atau bus, kamu sekaligus dapat menikmati pemandangan di luar sana.
* Gunakan transportasi malam - Kamu bisa tidur di dalam kereta atau bus malam, untuk menghemat biaya menginap. Efektif apabila diterapkan untuk perjalanan jauh yang menghabiskan waktu berjam-jam.
* Bertanyalah kepada staf hostel atau guesthouse - Tanyalah kepada mereka mengenai biaya standar transportasi dalam kota, dengan begitu kamu akan menghindari penipuan yang sering dilakukan oleh pengemudi kendaraan umum terhadap turis.
* Hindari bagasi dan biaya porter dengan travel light - Hindari membayar lebih untuk ekstra bagasi dengan membawa barang seperlunya saja, sehingga muat untuk dibawa ke dalam kabin. Kamu pun terbebas dari antrian untuk check-in bagasi dan tidak perlu repot-repot menggunakan bantuan porter.
* Gunakan kartu berlangganan - Kartu berlangganan (contoh: EZlink untuk MRT di Singapore) sangat berguna kalau kamu akan sering menggunakan transportasi publik. Hal ini pun akan mengatasi kerepotan karena perlunya menukarkan uang kecil untuk transportasi.


AKOMODASI
* Cari penginapan murah yang layak, kemudian bandingkan harga booking online dan booking langsung dari website aslinya - Gunakan hostelworld.com dan website sejenis untuk mencari penginapan murah. Sebelumnya jangan lupa untuk memeriksa website penginapan yang telah kita pilih, karena terkadang lebih murah apabila kita booking langsung dari website aslinya. Kemudian lebih bagus lagi jika kamu mendapatkan penginapan yang menyediakan sarapan gratis untuk menghemat biaya makan.
* Cari penginapan yang strategis - Penginapan yang dekat dengan berbagai objek wisata akan tentunya menghemat biaya transportasi.
* Coba Couchsurfing - Kalau kamu tertarik untuk melebur dengan warga lokal dan mencoba mengikuti gaya hidup mereka, kamu bisa mencoba Couchsurfing.
* Bermalam di bandara - Opsi ini bisa dilakukan kalau kamu punya waktu transit yang lama ke penerbangan lanjutan. Lihat website Sleeping in Airports untuk tips-tips bermalam di bandara beserta informasi detailnya.


MAKANAN
* Belanja makanan dan minuman di toko kelontong lokal - Belilah cemilan, bahan masakan, maupun buah-buahan dari warung maupun toko kecil, daripada membelinya di toko yang lebih besar ataupun 7/11. Belilah air mineral dalam botol besar daripada membeli banyak dalam botol kecil.
* Bawalah makanan & botol air minum sendiri - Coba deh kamu membawa snack, makanan (abon, selai, sambal sachet, dan sebagainya) dari rumah, ternyata hal ini bisa menghemat biaya jalan-jalan loh!
* Makanlah di restoran lokal atau kaki lima - Terkadang tempat makan unik dan favorit hanya diketahui oleh penduduk lokal. Tanyalah kepada warga lokal yang kamu temui di jalan.
* Hindari minibar - Kalau kamu menginap di hotel yang memiliki minibar, pastikan untuk tidak mengambil apapun dari dalam kulkas, pajak hotel biasanya amat besar. Lebih baik kamu beli langsung dari supermarket lokal.


TUJUAN WISATA
*Rencanakan rute secara efektif dan efisien - Menggunakan Google Earth untuk merencanakan rute perjalanan akan menghemat waktu dan uang.
* Jadilah tour-guide sendiri - Buat buku panduan wisata sendiri dengan mengandalkan internet.
* Ambil peta gratis di tourist information center - Banyak disediakan peta gratis di bandara internasional maupun hotel, informasinya pun tidak kalah lengkap dengan peta yang dijual di toko. Sebagai gantinya, biasanya peta gratis ini berisi banyak iklan.
* Cari info objek wisata gratis - Banyak objek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk (entrance fee). Googling dan mencari info mengenai hal ini akan menghemat banyak uang.
* Prioritaskan objek wisata yang ingin didatangi - Seringkali objek wisata terkenal menetapkan tarif masuk yang tinggi. Tidak ada salahnya kalau kamu ingin sekali mendatangi objek wisata tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah mengimbanginya sesuai dengan budget jalan-jalan kamu.
* Hindari tourist spot sebisa mungkin - Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal. Batasi pengeluaran kamu semaksimal mungkin dengan membawa sendiri bekal dari rumah dan tahan keinginan untuk membeli souvenir di dalam tourist spot ini, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan kamu membelinya di tempat lain.
* Hindari paket wisata jika memungkinkan - Paket tur terkadang hanya melelahkan dibanding menyenangkan, karena jatah waktu untuk menjelajahi sebuah objek wisata seringkali dibatasi, sehingga terkadang kita merasa kurang puas. Untuk itu, sewalah kendaraan lokal untuk menjelajahi lingkungan tempat kamu berada, contohnya seperti sepeda, sepeda motor, tuk-tuk, atau angkot.


BELANJA
*Definisikan ulang konsep kamu tentang "oleh-oleh" - Oleh-oleh tidak perlu mahal, yang penting berkesan. Beberapa oleh-oleh yang murah namun tetap unik adalah kartu pos, bros, gantungan kunci, T-Shirt, scarf, coklat, cemilan tradisional. Carilah oleh-oleh yang mencerminkan lokalitas daerah setempat. Jadilah kreatif.
* Belilah oleh-oleh di pasar tradisional dan tawar harga semurah mungkin - Menawar harga di pasar tradisional adalah hal yang wajar, gunakan keahlian menawar terbaik dan kamu tidak akan menyesal. Tips untuk menawar: Tawarlah 50% dari harga awal. Tapi lihat juga dari kualitas dan harga awal barangnya, jangan sampai kamu menawar keterlaluan karena akan menyinggung si penjual.


KOMUNIKASI
*Cari lokasi yang menyediakan internet gratis atau WiFi - Pilihlah penginapan yang menyediakan layanan internet gratis, atau apabila tidak ada, biasanya fasilitas internet gratis tersedia pula di kafe atau kedai kopi.
* Gunakan Skype - Untuk telepon keluar kota maupun negeri, gunakanlah Skype untuk menghemat biaya komunikasi.
* Belilah SIM Card dengan nomor lokal - Kalau kamu akan sering menggunakan telepon selular, membeli SIM Card dengan nomor lokal merupakan keputusan bijak. Jadi kamu akan menghemat biaya untuk penggunaan telepon domestik.


CARA HEMAT LAINNYA
* Hindari menukar uang di bandara dan spot wisata terkenal - Biasanya money changer di dalam bandara akan memberikan kurs terendah, maka lebih baik kamu mencari bank atau money changer di dalam kota untuk menukar mata uang.
* Cucilah baju sendiri - Bawalah deterjen dari rumah dan cuci baju kamu sendiri, daripada menggunakan laundry service selama di perjalanan.
* Gunakan kartu identitas mahasiswa/i dan tanyakan potongan harga untuk manula - Kalau kamu masih pelajar, kamu beruntung, banyak tempat yang menawarkan potongan harga untuk pelajar. Dan kalau kamu traveling dengan manula, mungkin juga kamu akan mendapatkan senior discount juga. Pastikan untuk bertanya mengenai hal ini.

Semoga panduan ini berguna untuk kamu yang baru pertama kali liburan ke LN dan ingin bergaya ala backpacker. Selamat menikmati liburan!

Sumber : Berbagai Sumber & http://www.rileks.com/details/278/mari-hemat-biaya-jalan-jalan-ke-luar-negeri-

No comments:

Post a Comment